Tuesday, May 16, 2017

Bagaimana cara memotong RockWool Dengan Baik

Posted by Tanaman Hidroponik On 5/16/2017 | No comments
Hi Hidroponikers.....

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana cara memotong Rockwool yang baik dan benar agar semaian terlihat rapih dan tertata. Rockwool adalah media tanam untuk tanaman Hidroponik yang sudah sangat familiar dan banyak dipergunakan oleh petani hidroponik.




Gambar berikut ini adalah untuk ukuran Rockwool sepertiga slab namanya. Dan kira kira untuk panjangnya mencapai kurang lebih 33 cm.
Bagaimana cara memotong agar terlihat rapi dan tertata? Jika anda di rumah memiliki gergaji besi, silahkan gunakan karena nantinya akan lebih rapi menggunakan gaji besi tersebut, hindari penggunaan pisau karena hasilnya kurang bagus atau kurang rapi.
Pertama untuk ukuran pemotongan rockwoolnya, anda bisa potong dengan ketebalan kira kira 2 cm saja.



Kemudian setelah dipotong dengan ketebalan 2 cm, lalu potongan tersebut kembali dipotong menjadi 3 bagian. tapi jangan sampai putus ya. (masih tersambung).




Dan hasilnya akan terlihat seperti ini. Rockwool yang sudah dipotong2 tadi.





Kemudian dipotong kembali menjadi 6 bagian, juga tanpa terputus, Hingga potongan pertama ini nantinya akan menjadi 18 potong atau berbentuk 18 bentuk kotak kecil. Ulangi seperti langkah di awal sampai langkah diatas, sehingga nanti dirasa sudah cukup untuk ukuran tray semainya.




Kemudian susunlah rockwool yang sudah dipotong tersebut ke dalam tray semai yang sudah anda siapkan sebelumnya. Usahakan carilah ukuran tray semai yang sama ukurannya dengan rockwool agar pas ukurannya ketika diletakkan. Setelah rockwool diletakkan pada tray semai semuanya, jangan lupa rendam rockwool dengan memberikan air putih atau air biasa sebelum anda menggunakan rockwool tersebut. Biarkan hingga kurang lebih satu jam baru anda bisa gunakan rockwool yang sudah di rendam air dalam tray semai tersebut untuk menyemai. Agar rockwool tidak terlalu basah, buanglah air sedikit demi sedikit hingga siap digunakan.




Demikianlah tutorial ini saya buat untuk anda para penggemar tanaman hidroponik. Cukup singkap dan padat ya, semoga jelas dan bisa dipahami & langsung dicoba.
semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Terima kasih.

Jangan lupa like Fan Page Facebook kami ya Tanaman Hidroponik

0 comments:

Post a Comment

About