Saturday, May 13, 2017

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

Posted by Tanaman Hidroponik On 5/13/2017 | No comments
Hi Hidroponikers.....

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menanam kangkung secara hidroponik.
Sungguh menyenangkan bisa saling berbagi tips seperti ini, apalagi kangkung merupakan salah satu sayur kesukaan saya. semoga anda juga penyuka tanaman kangkung ini ya. Melihat tanaman tumbuh subur nan hijau, membuat hati tenang. silahkan dibaca tips kali ini sampai habis ya.

Pertama siapkan Rockwool yang sudah dipotong potong, bisa anda lihat pada tutorial berikut ini jika anda belum membacanya Cara Memotong Rockwool. Kemudian Setelah RockWoll dipotong lalu   rendam dengan air biasa, selanjutnya lubangi rockwool dengan ujung belakang pulpen atau dengan benda lainnya yang seukuran dengan pulpen, misalnya pensil atau yang lainnya untuk membuat lubang yang dalam dan agak besar seperti gambar berikut ini.






Setelah selesai melubangi semua bagian Rockwool, lalu lanjutkan dengan menaruh 8 - 10 benih kangkung ke dalam setiap lubang yang sudah kita buat tadi. Kemudian setelah semua lubang sudah diberi benih kangkung, jangan lupa semaian anda ditutup dengan plastik hitam selama 2 sampai 3 hari, dan siram atau semprot dengan air biasa setiap hari. Jika semaian kangkung sudah tumbuh sedikit tunasnya, segera letakkan semaian diruangan yang terkena sinar matahari. Dan jangan lupa tetap siram tanaman kangkung tersebut setiap hari. Jika usia semaian sudah berumur 8 hari, pisahkan masing masing semaian ke dalam netpot untuk dimasukkan ke dalam sistem bernutrisi. Cara memotong akar yang ada disela sela semaian, anda bisa menggunakan pisau plastik agar bisa lebih mudah pada waktu memisahkannya. Selanjutnya pisahkan rockwool dengan tangan anda untuk memisahkan masing masing semaian dan pindahkan ke dalam netpot.




Jika beberapa semaian anda hanya tumbuh 2 atau tiga batang tanaman, anda bisa menggabungkannya menjadi satu, kemudian letakkan semaian tersebut pada netpot. Setelah semua semaian sudah dipindahkan ke dalam netpot, selanjutnya buatlah air nutrisi dengan campuran 5 ml Nutrisi A dan 5 ml Nutrisi B per 1 liter air bersih atau hingga sekitar 600 ppm jika anda menggunakan TDS meter.
Tambahkan Nutrisi secara bertahap hingga 1200 ppm sampai ketika akan panen pada minggu ke 3 setelah semai. Anda bisa menanam kangkung pada Sistem Rakit Apung sederhana seperti berikut ini.


Atau bisa juga menggunakan Sistem DFT seperti pada gambar berikut ini.


Demikian tips kami kali ini tentang cara menanam kangkung secara Hidroponik. Cukup sederhana dan mudah ya. anda pun bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Terima kasih.



0 comments:

Post a Comment

About