Thursday, May 11, 2017

Memanfaatkan Limbah Bawang Daun

Posted by Tanaman Hidroponik On 5/11/2017 | No comments



Hi...Hidroponikers

Buat anda para wanita pasti suka memasakkan ya. Dan ketika memasak di dapur, pasti tak lepas dari yang namanya bumbu. Misalnya Bawang merah, Bawang putih, Bawang daun, merica, garam dll.
Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit tip's untuk anda para ibu ibu yang suka memanfaatkan Bawang Daun untuk digunakan dalam masakannya. Supaya tidak langsung membuang bagian Bawang daun yang tidak terpakai tersebut, terutama bagian akar bawang daun. Bagaimana sih caranya? Yuk lanjutkan dulu membacanya ya. Tahukah anda bahwa Bawang Daun tersebut masih bisa dimanfaatkan loh, caranya gampang dan cepat lagi. Nggak percaya??? Yuk mari langsung saja simak tip's dari saya, yaitu memanfaatkan limbah Bawang Daun yang sudah tidak terpakai.

Pertama siapkan pisau dan alas untuk memotong Bawang Daunnya.


Pisahkan menjadi kira kira 4 - 5 batang saja. agar lebih mudah ketika dipotong akarnya.
kemudian potong dari bawah akar sampai atas batangnya kira kira 5-8 cm. Lanjutkan potong semuanya hingga selesai. Akarnya jangan di potong ya.




Kemudian setelah semua telah selesai dipotong, lalu gunakan mug atau apa saja yang bisa untuk di jadikan wadah dan yang sudah tidak terpakai tentunya.
Lalu Mug atau wadah tersebut di isi air biasa, kurang lebih setengah saja dari ukuran mug atau gelas tersebut. Ambil akar Bawang Daun yang tadi sudah kita potong dan masukkan ke dalam mug tersebut. Simpan pada tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.






Pada hari ke 2 tunas bawang daun sudah mulai tumbuh sedikit ya.


Hingga hari ke 6 penampakkannya akan seperti ini.






Kemudian anda boleh memindahkan Bawang Daun yang sudah mulai meninggi tersebut pada media yang lebih luas seperti Polybag agar perkembangannya bisa maksimal. Dan pada minggu ke 2 setelah penanaman akan tampak seperti gambar berikut ini.


Silahkan anda coba praktekkan dirumah dan manfaatkan lahan kosong yang ada dirumah anda untuk tanaman Hidroponik agar lebih hijau dan adem dipandang mata. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jadikan hobi anda lebih menyenangkan dan menghasilkan. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

About