Monday, May 8, 2017

Pengertian Tanaman Hidroponik

Posted by Tanaman Hidroponik On 5/08/2017 | No comments
Pengertian Tanaman Hidroponik adalah metode bercocok tanam dengan tidak menggunakan tanah sebagai lahan untuk menanamnya. Tapi metode Tanaman Hidroponik ini lebih mengutamakan penggunaan air yang dicampur dengan beberapa nutrisi khusus untuk tanaman.
kebutuhan air pada Hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada tanaman dengan media tanah, karena penggunaan air yang lebih efisien jadi metode ini sangat cocok diterapkan pada daerah yang memiliki persediaan air yang terbatas. seperti yang terlihat pada gambar, inilah contoh tanaman Hidroponik. penggunaan airnya hanya sebatas pada wadah yang di gunakan.




Hidroponik berasal dari bahasa Yunani. terdapat dua suku kata yaitu Hydro yang artinya air dan Ponos yang berarti daya. Jado Hidroponik adalah budidaya tanaman yang memanfaatkan keterbatasan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanah.

Apa sih keuntungan keuntungan tanaman Hidroponik ini?

1.Tidak menggunakan tanah
2.Penggunaan air lebih sedikit dan lebih efisien
3.Mudah dalam pengendalian asupan Nutrisi pada tanaman
4.Organik tanpa Peptisida jadi aman untuk dikomsumsi dan menyehatkan
5.Memberikan hasil yang lebih banyak
6.Lebih mudah ketika memanen hasilnya
7.Steril dan bersih
8.Media tanam dapat digunakan berkali kali
9.Bebas dari tanaman parasit
10.Tanaman tumbuh lebih cepat

Jika tidak menggunakan tanah, lalu media tanamnya menggunakan apa?

Berikut ini media tanam yang sering dipergunakan oleh para penggemar Tanaman Hidroponik ini.

1.Rock Wool
Rock Wool terbuat dari bebatuan basalt, batu kapur dan batu bara yang dipanaskan dengan suhu 1600 derajat celcius sampai meleleh. dalam keadaan mencair bebatuan tersebut akan membentuk serat serat yang kemudian setelah dingin bisa dipotong sesuai kebutuhan. kisaran harga untuk Rock Wool ini adalah Rp.500.000 sampai Rp.600.000 per pack. tapi jangan khawatir kemahalan karena untuk satu slab Rock Wool bisa digumakan untuk menanam sekitar 50 sampai 100 tanaman.

 


2.Sekam Bakar 
Yaitu kulit padi atau biasa disebut sekam yang dibakar atau juga di sangrai sangat baik untuk menyimpan cadangan Nutrisi pada tanaman. Kisaran harga sekam bakar ini adalah antara Rp 5.000 sampai Rp 15.000 per karung.



3. Coco Pit
Coco Pit adalah serbuk kelapa yang sudah dipisahkan dari seratnya. Coco Pit biasa dijual dalam bentuk serbuk atau blok dengan kisaran harga antara Rp 2.000 sampai Rp 5.000 per kilonya.




4.Hidrotone 
Hidrotone terbuat dari tanah liat dengan pembakaran pada suhu yang tinggi lebih dari 1000 derajat celcius. Hidrotone biasanya dijual antara Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per liternya. Bentuknya bulat kira kira seperti kelereng.



5.Lapisan Mineral Silica
Nah yang putih bersih ini adalah lapisan Mineral Silica yang telah dipanaskan pada suhu yang tinggi sehingga mineral mengalami perubahan seperti popcorn. alternatif media tanam berupa mineral sangat baik untuk tumbuhan atau tanaman. Ini biasa di sebut perlit. Perlit bisa digunakan dengan cara Full Perlit atau dicampur dengan yang lain. Harga saat ini berkisar dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per liternya.



Itulah sedikit ulasan mengenai Tanaman Hidroponik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 comments:

Post a Comment

About