Sunday, May 21, 2017

Sistem Dutch Bucket

Posted by Tanaman Hidroponik On 5/21/2017 | No comments
Hi Hidroponikers.....

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara membuat  Sistem Dutch Bucket Hidroponik. Sistem Dutch Bucket ini banyak dimanfaatkan oleh petani hidroponik untuk menanam buah buahan. Bagaimana Sistem Dutch Bucket ini bekerja?
Baca sampai selesai ya.

Berikut adalah gambar tanaman tomat dengan menggunakan Sistem Dutch Bucket.



Sistem Dutch Bucket ini sangat efektif sekali jika diterapkan untuk tanaman buah buahan seperti yang satu ini, pada tanaman tomat, mentimun dan juga melon. Hasilnya pun juga sangat bagus sekali. Sistem Dutch Bucket pada percontohan kali ini sengaja dibuat untuk kondisi di negara kita yang memang sering mati lampu. karena kalau pun mati lampu, dengan menggunakan sistem ini tanaman tetap akan mendapatkan cadangan larutan nutrisi.






Wadah yang digunakan pada Sistem Dutch Bucket yang berwarna putih ini, sangat pas untuk digunakan pada sistem ini, karena memang sudah dirancang khusus.
Cara kerjanya air nutrisi yang berada dibawah dilapisi dengan styrofoam supaya tidak mudah panas, kemudian untuk pompanya sendiri menggunakan pompa celup. Dan pompa celup tersebut dipasang dari bawah hingga sampai ke bak bak nya atau Bucketnya.





Untuk masukan air yang dialirkan ke bak atau wadah tersebut disini dengan menggunakan Dop yang dilubangi.  seperti tampak pada gambar.



Dan untuk tutup wadahnya anda bisa menggunakan tutup dengan menggunakan styrofoam juga, agar supaya terlindungi dari sinar matahari dan juga agar tidak mudah tumbuhnya lumut.
Beginilah isi bagian dalam wadah tersebut.







Media tanamnya kami menggunakan Hydrotone dan dalam satu bucket ini bisa isi dengan 2 tanaman.
Untuk bagian out nya kita buat dari dasar wadah,  dan kita naikkan sekitar 7 cm. Supaya kalau terjadi pemadaman listrik, masih bisa tersisa nutrisi untuk tanamannya. Pada sistem ini kami juga menggunakan atap, agar jika ada hujan yang deras, air hujan tidak akan tercampur ke dalam air nutrisi. Sehingga kada larutan air nutrisinya akan tetap terjaga.
Pada sistem ini juga kami tidak menggunakan peptisida yang mengandung bahan kimia, jadi kami hanya menggunakan 2 botol kuning yang digantung ini sebagai trap untuk serangga.



Perlu kiranya anda pertimbangkan dengan menggunakan sistem Dutch Bucket ini, karena pembuatannya cukup mudah. Atau jika anda masih belum punya gambaran untuk membuatnya, anda bisa datangi pelatihan pelatihan untuk tanaman hidroponik, untuk informasi bisa dicari dan banyak tersebar di google. Silahkan dipraktekan ya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 comments:

Post a Comment

About