Thursday, June 8, 2017

Peptisida Nabati Daun Mint

Posted by Tanaman Hidroponik On 6/08/2017 | No comments
Hi Hidroponikers.....

Bagaimana kabar anda semua? Semoga selalu sehat ya, agar terus dapat menghijaukan bumi kita ini.
Nah kali ini kita akan membahas tentang tanaman mint. dimana kegunaan dan manfaatnya sudah kita ketahui bersama. Seperti obat Herbal, toping cup cake, untuk pelengkap minuman mint tea dan masih banyak variasi lainnya. Kali ini kami akan memberikan tips bagaimana membuat Peptisida Nabati Alami yang terbuat dari daun mint. Untuk tambahan informasi saja, sebenarnya masih banyak Peptisida nabati alami yang bisa kita buat dengan menggunakan tanaman yang lain. Misalnya pestisida nabati daun sirsak, pestisida nabati daun pepaya, pestisida nabati daun sirih, pestisida nabati daun mimba, pestisida nabati daun gamal, pestisida nabati akar tuba dan masih banyak masih tanaman lain yang bisa dimanfaatkan sebagai peptisida nabati alami. Tapi kali ini kita akan bahas dulu Peptisida Nabati Daun Mint, yuk baca terus sampai selesai ya.


Daun Mint

Peptisida tidak melulu harus berbahan kimia, ternyata peptisida nabati alami ternyata bisa juga dibuat dari daun mint. Jika anda mempunyai tanaman di sekitar rumah anda, yuk biasakan mulai dari sekarang menggunakan yang alami saja.

Berikut ini adalah bahan bahan yang harus anda persiapkan untuk pembuatan Peptisida Nabati Alami ini :

1. Tiga mangkok daun mint termasuk dengan batangnya.
2. Bawang putih dua bonggol kira kira menjadi 20 siung.
3. Empat buah cabai keriting merah (bisa juga menggunakan cabai kering).
4. Dua liter air bersih.
5. Sabun cuci piring cair secukupnya.

Cara pembuatannya :

Pertama kita masukkan ke blender tiga mangkok daun mintnya, kemudian masukan juga semua bawang putih yang sudah dibersihkan, yang berjumlah kurang lebih 20 siung. Tambahkan air secukupnya, agar proses blender bisa lebih mudah hancur. Kemudian bisa langsung diblender semua bahan yang telah dimasukan tadi sampai halus. Setelah dirasa cukup halus, bahan yang telah diblender tadi masukan kedalam panci, usahakan sampai bersih dan jangan sampai tersisa didalam blendernya. bisa gunakan air, kemudian kocok sampai merata diblendernya, lalu tuangkan kembali kedalam panci yang tadi.

Kemudian tambahkan air yang 2 liter tadi kedalam panci yang berisi bahan yang sudah diblender tadi. Selanjutnya kita blender juga 4 buah cabai keriting merah sampai halus. Kemudian cabai keriting merah yang sudah diblender tersebut, kita campurkan kedalam panci (campuran mint dan bawang putih). Kemudian setelah semua bahan tersebut sudah tercampur rata, lalu kita rebus sampai mendidih. Dan setelah mendidih, bahan peptisida alami tersebut kita diamkan selama semalam.

Setelah keesokan harinya, bahan yang sudah dingin tersebut kita langsung campurkan dengan setengah sendok makan sabun cuci piring cair. Setelah semuanya tercampur rata, kemudian kita saring dan sekarang Peptisida Nabati Alami dari Daun Mint sudah bisa anda pergunakan.
Masukan kedalam botol semprotan, lalu bisa langsung anda pergunakan untuk tanaman yang terkena hama milik anda. Misalkan tanaman kacang panjang, melon, buncis, labu, timun dan lain sebagainya.
Semprotkan pada daun daun tanaman yang mudah dimakan oleh hama atau serangga. Jangan semprotkan peptisida alami ini pada saat matahari sedang terik, usahkan penyemprotan dilakukan pada waktu pagi hari atau pada sore hari saat udara tidak begitu panas.  

Nah cukup mudah bukan membuatnya. Kalau kita bisa menggunakan yang alami kenapa harus menggunakan yang berbahan kimia. Silahkan dicoba dan langsung dipraktekan ya.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

About